foto: foto bersama setelah pembukaan acara

LPM FREEDOM – UNISBA | Universitas Islam Balitar (UNISBA) bekerja sama dengan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan PT. Rojokoyo Makmur Indonesia (RMI) menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Gerakan Menanaman Pohon” pada hari Sabtu (12/10/2022). 

Dr. Supriyono M. Ed selaku Wakil Rektor III UNISBA menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tahap awal kerja sama karena PT. RMI sedang berusaha mengembangkan eco-farm, sehingga dibutuhkan studi-studi dan penelitian dengan menggandeng UNISBA dan ITATS.

“PT. Rojokoyo Makmur Indonesia saat ini sedang berkembang dan mengupayakan eco-farm yaitu peternakan sapi berbasis lingkungan. Maka dari hal tersebut perlu studi-studi dan konektifitas dengan UNISBA dan ITATS," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa sebagai bentuk kerja sama, dilakukan pengabdian masyarakat dengan menanam pohon sawo dan alpukat yang berlokasi di Dusun Gendong, Desa Purworejo, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar, sebanyak 200 pohon.

“Sebagai langkah awal kerja sama maka dilakukan pengabdian masyarakat yaitu dengan memberikan 200 pohon buah sawo dan alpukat kepada warga dusun gendong”, tuturnya.

Ia juga membahkan setelah terlaksananya kegiatan tersebut, akan dilanjutkan dengan kerja sama untuk pengembangan eco-farm yang dimulai dengan 100 sapi.

“Setelah kegiatan tersebut maka akan ditindak lanjuti dengan kerja sama untuk pengembangan eco-farm yaitu peternakan berbasis lingkungan yang pada awal nanti dimulai dengan 100 sapi”, tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut, yaitu agar warga senang menamam pohon. Selain itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar selaras dengan tujuan kampus merdeka yaitu adanya koneksi antara dunia universitas dan dunia industri.

“Tujuannya agar warga senang menanam pohon sebagai bentuk penghijauan juga, terlebih lagi kalau warga dapat menambah pendapatan. Namun, sisi lainnya adalah agar terciptanya koneksi antara dunia universitas dan dunia industri yang juga merupakan tujuan dari kampus merdeka dimana dampaknya nanti akan ada pemagangan, rekruitmen dan pengembangan sumber daya manusia," jelasnya. 

Ia berharap dengan diadakan kegiatan tersebut, masyarakat menjadi lebih sadar akan lingkungan harus bersih, aman, nyaman, dan menghasilkan. (ary/sn)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama