foto: saat acara sholawatan dan tumpengan

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menyelenggarakan Dies Natalis ke-19 sejak 23 September hingga 8 Oktober 2022 nanti. Tema Dies Natalis tahun ini adalah "Victory for Better Future".

Rachma Kumala selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan alasan pengambilan tema ini adalah capaian Unisba di usia 19 tahun ini ialah semakin meninggi dengan banyak kemenangan yang diraih. 

"Jadi, untuk kemenangan-kemenangan itu kita juga mengasah bakat teman-teman melalui berbagai lomba yang akan dilaksanakan," ungkapnya.

Dalam Dies Natalis tahun ini terdapat beberapa rangkaian acara, diantaranya pembukaan, pemilihan duta kampus, pertandingan badminton, turnamen futsal untuk SMA/SMK, pagelaran wayang, dan bazar. Lebih lanjut pada 8 Oktober 2022 nanti akan diselenggarakan Unisba Mucfest.

"Dalam acara Unisba Mucfest nanti juga ada pengumuman Hima Award dan Duta Kampus," katanya.

Saat ditanya terkait guest star pada acara Unisba Mucfest, ia mengatakan terdapat beberapa pertimbangan menyesuaikan dengan dana yang ada. 

"Dari panitia pada awalnya memberi opsi Keroncong Sakura. Namun, dari teman-teman Hima memberi usulan Jono Joni," katanya saat ditemui tim LPM Freedom pada Senin (26/09/2022).

Terkait dana, Rachma menjelaskan bahwa kegiatan Dies Natalis tahun ini bersumber dari kampus, dana sukarela dari mahasiswa, dan sponsor. Ia mengatakan bahwa dana sukarela mahasiswa juga sudah disepakati dengan Ketua Himpunan. 

"Jadi dana dari kampus itu kita gunakan untuk serangkaian acara, dana dari mahasiswa sebesar 30 ribu digunakan untuk acara Unisba Mucfest dimana juga ada guest star, kemudian untuk bazar sendiri Hima juga menyewa stand 100 ribu dan kami juga menjual stand untuk pihak luar," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa dana dari mahasiswa sebesar 30 ribu rupiah itu sebenarnya tidak diwajibkan, tetapi dana tersebut dialokasikan untuk pembiayaan dan akomodasi guest star pada acara Unisba Mucfest.

"Lagipula dana 30 ribu itu nantinya ditukarkan tiket untuk masuk pada acara tersebut," tambahnya.

Sementara itu, pihak kampus melalui Dr. Supriyono M. Ed selaku Wakil Rektor III menyatakan bahwa akan mendukung segala bentuk kegiatan positif dari mahasiswa, tentunya setelah melalui proses screening dari pihak kemahasiswaan.

"Selama acara tersebut baik, bermanfaat, dan sesuai dengan pengajuan proposal ya tidak masalah. Toh dengan cara tersebut akan menambah citra baik kampus kedepannya,” ungkapnya saat ditemui pada Selasa (27/09/2022). (ar/sn/dls/sal)

***

Berikut ini merupakan Timeline Dies Natalis ke-19 Unisba.

23 September 2022 : Sholawat dan Tumpengan
24 - 25 September 2022 : Pemilihan Duta Kampus
26 September 2022 : Seminar Pencegahan Pernikahan Dini dan Pentingnya Paham RUU TPKS
26 - 27 September 2022 : Pertandingan Badminton
30 September 2022 : Turnamen Futsal SMA/SMK
1 Oktober 2022 : Pagelaran Wayang
7 Oktober 2022 : Pembukaan Bazar
8 Oktober 2022 : Unisba Mucfest (Bazar, Music Festival, Hima Award)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama