foto : kunjungan industri fakultas peternakan di PT Japfa (foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

LPM Freedom - UNISBA | Memasuki semester genap, Fakultas Peternakan Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar pastikan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapang (PKL) untuk para mahasiswa dalam waktu dekat. PKL ini nantinya akan dilaksanakan selama 30 hari, dari pertengahan bulan Februari hingga pertengahan Maret mendatang. Hal ini disampaikan oleh Nita Opi Ari Kustanti selaku Dekan Fakultas Peternakan UNISBA Blitar.

"Pesertanya dari mahasiswa semester 6, nanti itu masuknya di Kartu Rencana Studi (KRS) semester 6, kan itu termasuk dari bagian mata kuliah," tuturnya saat ditemui Selasa (9/2/21).

Karena menyadari hinga saat ini pandemi belum juga usai, pihaknya memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk memilih tempat PKL, baik di luar maupun di dalam lingkup Blitar. Namun, ia menekankan harus dipenuhinya beberapa persyaratan, seperti di instansi ataupun perusahaan yang telah berizin dan telah beroperasi minimal selama 5 tahun.

"Seperti di PKL kali ini ada dari beberapa instansi pemerintah di Singosari dan Pasuruan yang menerima para mahasiswa, walaupun nanti pelaksanaannya separuh langsung dan separuh daring," tambahnya.

Lebih lanjut, PKL ini merupakan syarat kelulusan bagi setiap mahasiswa. Selain itu, tujuan dari diadakannya PKL ini agar nantinya para mahasiswa tidak hanya mengerti tentang teori saja, akan tetapi juga praktiknya secara langsung di lapangan. Sehingga dapat mengasah keterampilan baik soft skill dan hard skill para mahasiswa.

  Kunjungan ke Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Beliau juga menjelaskan bahwa salah satu syarat untuk mahasiswa mengikuti kegiatan ini adalah bukti pembayaran PKL yang telah divalidasi oleh bagian keuangan, agar nantinya diproses untuk memperoleh pembimbing, pengajuan judul, serta hal penunjang lainnya.

Selaku Dekan, Beliau juga berpesan kepada para mahasiswa yang hendak melaksanakan PKL untuk tetap menjaga tata tertib, sopan santun, dan nama baik kampus maupun fakultas, jangan sampai  meninggalkan hal yang kurang baik di lokasi PKL, serta jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar semuanya tetap aman.

"PKL ini ajang Anda (mahasiswa) untuk mempromosikan diri, siapa tahu nanti pas dilokasi PKL tersebut prestasinya bagus, barangkali mereka butuh tenaga kerja nanti bisa direkrut," tandasnya.

Di lain sisi dari pihak mahasiswa, Clarisa Cindi Ayu Artanti salah satu mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Ilmu Ternak Fakultas Peternakan yang akan melaksanakan PKL menjelaskan kegiatan PKL ini penting dilaksanakan, lantaran untuk pengembangan diri mahasiswa, dan mengimplementasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan, serta untuk menambah pengalaman juga wawasan. 

"Karena ini masih pandemi, ya kami patuhi peraturan apapun dari tempat PKL kami nanti," tambah Clarisa.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Yofi Puji Santoso, mahasiswa semester 5 Prodi Ilmu Ternak. Menurutnya, selain untuk menambah ilmu, wawasan, dan skill mahasiswa, PKL sangat penting untuk dilaksanakan karena ini merupakan salah satu cara untuk memperoleh gelar sarjana peternakan.

"Untuk persiapan yang saya siapkan dulu yaitu judul pengajuan PKL, tempat dan lokasi PKL, dan Proposal pengajuan PKL di tempat tersebut," terang Yofi. (bm/ar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama