foto : dokumentasi bersama edukasi pelaporan pajak UNISBA


LPM FREEDOM-UNISBA | Di tengah upaya meningkatkan kesadaran pajak di kalangan masyarakat, Universitas Islam Balitar (UNISBA) telah berhasil menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertempat di Aula Majapahit UNISBA pada Sabtu (09/03/2024)

 

Devaqi Lantu selaku koordinator relawan pajak menuturkan bahwa acara ini bertujuan memberikan edukasi kepada para akademisi, staff, dan mahasiswa terkait pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara online.

 

"Dengan tujuan agar wajib pajak yang masih awam terkait informasi pelaporan perpajakan dapat melaporkan pajaknya sendiri tanpa harus pergi ke kantor pajak, acara ini juga dilengkapi dengan pendampingan pelaporan SPT oleh Relawan Pajak," tuturnya.

 

Ia menuturkan bahwa peserta dari acara Bimtek ini mencakup dosen, staff, dan mahasiswa UNISBA.

 

"Untuk peserta sasaran workshop adalah para civitas akademika dan staff UNISBA yang sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan sudah wajib menunaikan kewajiban perpajakannya melalui pelaporan SPT 1770 SS, SPT 1770 S, dan SPT 1770," ungkapnya.

 

Dijelaskannya, garis besar kegiatan workshop difokuskan untuk memberikan informasi terkait kewajiban perpajakan pemilik NPWP Orang Pribadi berupa pelaporan secara online.

 

"Untuk narasumber yang terlibat dalam acara ini adalah Ika Puspita Sari dan Mellisa Denok Larasati dari Penyuluh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Blitar," ungkap Devaqi.

 

Lebih lanjut Devaqi menuturkan meski acara Bimtek ini dilaksanakan khusus di UNISBA oleh Tax Center Unisba, namun KPP Pratama juga melaksanakan bimtek serupa di dinas dan lembaga lain.

 

"Harapannya, semoga setelah dilaksanakan bimtek ini, para peserta dapat melakukan kewajiban perpajakannya secara tertib dan lebih mudah melalui pelaporan secara online, atau dapat memanfaatkan fasilitas Tax Center berupa pendampingan pelaporan perpajakan oleh Relawan Pajak," pungkasnya.(sb/lm)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama