foto: saat pertunjukan berlangsung

LPM FREEDOM - UNISBA | Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Tali Usil dan UKM Tari Sekartaji Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar baru saja menyelenggarakan pertunjukan Galegar Sasmita 3 dengan judul "Karmapala Suna" di Aula Terbuka Unisba (23/12/2023).

Sektio Nugroho selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa cerita yang diangkat dalam pertunjukan ini merupakan adaptasi dari naskah "Hamil" karya Puthut Buchori. Adapun pertunjukan ini menceritakan tentang seseorang yang berusaha bangkit dari depresi.

"Jadi cerita ini itu mengangkat tentang depresi yang dialami seseorang yang telah melakukan kesalahan di masa lalunya kemudian dia berusaha untuk bangkit menjadi lebih baik," jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa cerita ini juga mencerminkan kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh anak muda, khususnya di Kota Blitar dimana marak kasus pernikahan dini dan depresi hingga mengakhiri hidupnya. Pertunjukan ini ingin menyampaikan bahwa anak muda harus bisa bangkit dari kesalahan masa lalunya dan hidup dengan cara yang lebih baik.

"Beberapa waktu lalu di Blitar banyak berita-berita tentang anak muda yang melakukan pernikahan dini dan depresi. Pertunjukan ini ingin menyampaikan bahwa jika melakukan kesalahan di masa lalu jangan sampai membuat hancur hidupmu, tetapi harus bisa bangkit dan hidup dengan cara yang lebih baik," tuturnya.

Tio mengatakan bahwa persiapan pertunjukan ini sudah dilakukan sejak bulan September. Namun pada bulan Oktober sempat terjadi kendala terkait perizinan penggunaan tempat.

"Rencana awalnya itu pertunjukan ini dilakukan di Amphitheater Makam Bung Karno tanggal 2 Desember kemarin. Namun, karena ada sedikit kendala terkait izin penggunaan tempat jadi pertunjukan diundur dan dilakukan di kampus," katanya.

Adapun aktor dan aktris yang berperan dalam pertunjukan ini merupakan mahasiswa Unisba yang tergabung dalam UKM Teater Tali Usil dan beberapa siswa siswi SMAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar yang telah mengikuti open casting sebelumnya.

Terakhir, Tio berharap supaya Galegar Sasmita selanjutnya dapat dipersiapkan lebih matang lagi baik dari keperluan pertunjukan maupun kenyamanan penonton.

"Harapannya ya acaranya dipersiapkan lebih matang mulai dari perlengkapan, tata panggung, bagian artistik sampai aktor. Kemudian penonton juga harus nyaman saat melihat pertunjukan," pungkasnya. (dsr/red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama