foto: foto bersama tim Kota Blitar

LPM FREEDOM - UNISBA | Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar mengirimkan delegasinya untuk mengikuti kegiatan Raimuna Daerah Jawa Timur (Raida Jawa Timur) pada 15 - 25 November 2023. 

Kegiatan yang mengusung tema "Jawi Wetan Manunggal" ini diselenggarakan oleh Dewan Kerja Daerah Jawa Timur dan berlokasi di Bumi Perkemahan Prigi, Trenggalek.

Raida Jawa Timur ini merupakan kegiatan lima tahunan yang diselenggarakan untuk mempertemukan pramuka pandega dan penegak di tingkat daerah. Ribuan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur turut meramaikan kegiatan ini.

Disana para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk memudahkan mereka dalam pemetaan kegiatan. Selama sepuluh hari tersebut para peserta melakukan berbagai kegiatan menarik di pesisir Kota Gaplek tersebut. 

"Kegiatannya banyak mulai dari giat potensi pesisir, giat rekreasi wisata, lalu ada juga kegiatan yang dinamakan dengan sub camp. Untuk total kegiatan yang dilaksanakan selama sepuluh hari itu ada 40 kegiatan," ungkap Alfian Bagas Armadani, mahasiswa delegasi UKM Pramuka UNISBA Blitar.

Pasca mengikuti kegiatan, Alfian mendapatkan banyak keuntungan dari Raida Jawa Timur ini, salah satunya ialah relasi. Menurutnya, karena Raida ini diikuti oleh seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) di tingkat Jawa Timur, memudahkannya untuk mendapatkan relasi dari berbagai daerah. 

Tak hanya itu, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi ini menjelaskan keuntungan lain yang ia dapatkan dari kegiatan ini ialah pengetahuan baru perihal potensi di daerah pesisir yang melimpah.

"Selain itu kami juga mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru mengenai potensi-potensi pesisir yang amat sangat melimpah dan dapat dimanfaatkan secara meluas," ujarnya.

Lebih lanjut, melalui Raida Jawa Timur ini ia mengharapkan supaya eksistensi pramuka di Jawa Timur khususnya UNISBA Blitar tidak hanya dipandang sebelah mata. Serta segala bentuk kegiatan kepramukaan mampu berjalan secara maksimal. (dls/na)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama