foto: pembukaan PKKMB 2023

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (UNISBA) baru saja menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa (12/09/2023).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa baru mengalami penurunan, dari 1052 menjadi 941 mahasiswa untuk tahun ini.

Tak hanya itu, kegiatan PKKMB tahun ini juga mengalami perubahan jadwal. Jika pada tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan pada bulan Oktober, untuk tahun ini dilaksanakan pada bulan September. 

PKKMB dilaksanakan selama empat hari, terhitung sejak hari Selasa (12/9/2023) sampai Jumat (15/9/2023) nanti. Pada hari sebelumnya, Senin (11/9/2023), telah diadakan kegiatan PRA PKKMB, dan akan disusul dengan diadakannya kegiatan sholawat rutin yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru pada Jumat (15/9/2023) mendatang.

Pada hari pertama PKKMB, kegiatan diawali dengan apel pembukaan dan penampilan Tampah Mob oleh para mahasiswa baru. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Weppy Suseptyo, M.H., diikuti sambutan dari Rektor UNISBA, Dr. H. Soebiantoro, M.Si.

foto: saat kegiatan berlangsung

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai visi misi Unisba dan tantangan revolusi industri 4.0 oleh Wakil Rektor III, Dr. Supriyono, M.Ed.

Materi lainnya mencakup kehidupan kampus, pengenalan budaya, etika, tata krama, keterampilan berkomunikasi melalui media sosial disampaikan oleh Muh. Zainul Ikhwan, S.H., M.H., serta dilanjutkan dengan pemaparan bahaya penyalahgunaan narkoba yang disampaikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono, S.E.

Dalam sambutan Ketua Pelaksana, Weppy Suseptyo mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa baru tahun ini adalah 941 orang, terbagi dalam berbagai fakultas dengan rincian jumlah mahasiswa di setiap fakultas.

“Jumlah mahasiswa baru sejumlah 941 Mahasiswa yang terdiri dari Fakultas Teknik berjumlah 61 Mahasiswa, Fakultas Pertanian dan Peternakan berjumlah 65 Mahasiswa, Fakultas Teknologi Informasi berjumlah 133 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik berjumlah 160 Mahasiswa, Fakultas Ekonomi berjumlah 278 Mahasiswa, Fakultas Hukum berjumlah 74 Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berjumlah 92 Mahasiswa, serta Fakultas Agama Islam berjumlah 26 mahasiswa," ungkapnya.

Rektor UNISBA, Drs. H. Soebiantoro, M.Si., menekankan pentingnya PKKMB sebagai sarana bagi perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang mandiri dan beradaptasi dengan lingkungan baru yang lebih global, teknologis, dan tuntutan kompetensi abad ke-21. 

“Pentingnya pemahaman tentang globalisasi, revolusi indrustri 4.0, dan society 5.0 yang menuntut mahasiswa menjadi orang-orang yang mampu membela diri, dan memiliki generasi yang menguasai data dan teknologi, mendukung demokrasi dan kemanusiaan, serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21,” ungkapnya.

“Kompetensi tersebut meliputi kemampuan berpikir, nalar yang kritis, kreatif, pemecahan masalah, mahir berkomunikasi dan berkolaborasi, serta pemahaman membenahi bidang kerja pengembangan karya,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam sambutan virtualnya, Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd., mengungkapkan bahwa menjadi mahasiswa tidak hanya tentang identitas baru, tetapi juga untuk membangun peradaban, membawa perubahan yang lebih baik, dan membawa solusi-solusi bagi permasalahan mendatang.

“Pesan saya kepada mahasiswa, kuatkan diri di medan ilmu. Kelilingi diri dengan kebajikan dan jangan pernah takut berkarya. Jadilah pewaris semangat Bung Karno,” jelasnya.

Hj. Rini Syarifah selaku Bupati Blitar juga turut andil dalam menyampaikan sambutan virtualnya. Ia menekankan bahwa menjadi mahasiswa bukan hanya tentang meningkatkan ilmu pengetahuan dan citra, namun juga sebagai sebuah kebanggan dalam menyandang gelar sarjana. 

“Kembangkan diri, raih prestasi untuk modal berbaikti pada negeri,” pungkasnya. (ryt/mga/na)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama