foto: foto bersama setelah kegiatan

LPM FREEDOM - UNISBA | Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar berkolaborasi dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 4 sukses menggelar kegiatan seminar dan pameran fotografi pada Kamis (10/8/2023).

Kegiatan kolaborasi ini diselenggarakan di Aula Terbuka UNISBA dengan mengusung tema "Set Your Mind With Bigger Picture".

Dinda Faradilia Putri Kaloka, selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan alasan dalam pemilihan tema tersebut. Menurutnya, ada saat-saat di mana seseorang perlu melihat situasi secara lebih komprehensif, misalnya saat menghadapi masalah, seseorang harus memiliki kemampuan untuk melihat bigger picture dari situasi tersebut.

Mahasiswa yang akrab disapa Dinda itu juga menjelaskan bahwa tujuan dari mengadakan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan tentang fotografi, mulai dari bisnis, jenis-jenis foto, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Dinda mengatakan bahwa acara berjalan dengan lancar, meskipun ada beberapa mis komunikasi dan kurangnya koordinasi antara panitia. 

Seminar ini dihadiri oleh Endah Siswati selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNISBA Blitar dan Yefi Dyan Nova Harumike selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi UNISBA Blitar. 

“Tamu undangan mulai dari delegasi Himaprodi se-UNISBA, delegasi antar kelas Ilkom, BEM, DPM, ada beberapa siswa/i SMK yang ikut berpartisipasi, dan terkhususnya mahasiswa/i semester 4 Ilkom," ungkapnya. 

Dinda mengungkapkan pemateri seminar adalah Rizki Airlangga dan Muhammad Aba Al Fauzi, mereka berdua merupakan owner dari usaha studio foto dan owner foto wedding di Blitar. 

“Harapan saya untuk kedepannya, semoga mahasiswa/i Ilkom bisa melanjutkan acara ini sebagai acara tahunan untuk memamerkan karya-karyanya, serta bisa memotivasi orang lain dan mengapresiasi suatu keindahan yang ada di dunia ini,” tuturnya.

Sementara itu, Aura Apriliani selaku Ketua HIMAKOM mengungkapkan bahwa alasan kolaborasi ini adalah bertepatan dengan HIMAKOM yang akan mengadakan program kerja tentang fotografi, dan kebetulan bersinggungan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa Semester 4 Ilkom yang berkaitan dengan pameran. Jadi, keduanya berencana untuk melakukan kolaborasi. 

“InsyaAllah kedepannya akan ada banyak program kerja yang lebih menarik,” ungkapnya.

Ia berharap kedepannya bisa tetap kompak satu keluarga HIMAKOM dan tetap aktif dalam menjalankan program kerja selanjutnya.

Di sisi lain, Hanifah Ariyanti Devi atau yang lebih akrab dipanggil Ifa selaku perwakilan dari semester 4 Ilmu Komunikasi juga mengungkapkan hal yang sama dengan Aura.

“Fotografi ini mengangkat tema kebudayaan dan keadaan sosial di Kota atau Kabupaten Blitar yang belum diketahui masyarakat. Selain memenuhi tugas mata kuliah, Himaprodi dianggap lebih mampu menarik banyak peserta dibandingkan dengan semester 4,” ungkapnya. 

Ifa mengungkapkan bahwa tugas ini diberikan oleh Agus Widodo selaku dosen mata kuliah Fotografi dan Periklanan. 

“Harapannya setelah mengikuti acara ini mahasiswa atau yang sudah mengikuti seminar dan pameran ini lebih mengetahui bahwa di Blitar seperti ini loh keadaan sosialnya yang mungkin masyarakat awam belum tahu. Jadi, intinya di Blitar ada potensi yang bisa dikembangkan lagi. Dari kami semester 4 yang sudah melaksanakan tugas ini bisa mengajak orang lain untuk melestarikan budaya di Kota Blitar dan memperhatikan keadaan budaya di Blitar,” pungkasnya. (ln/na)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama