Foto : Dok 2020

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar berencana membentuk fakultas baru yang bernama Fakultas Agama Islam. Sebetulnya pembentukan fakuktas baru ini sudah direncanakan sejak tahun 2019. Adapun latar belakang dibentuknya fakultas baru ini karena sebagai universitas Islam, Unisba belum memiliki Fakultas Agama Islam. 

"Karena kita ini adalah universitas Islam dan kita belum memiliki Fakultas Agama Islam. Sejak tahun 2019 sudah kita bicarakan dengan rektor dan yayasan serta atas permintaan masyarakat agar ada prodi-prodi yang berbasiskan Islam," jelas Dr. Supriyono, M. Ed., Wakil Rektor III Unisba. 

Pihak Unisba juga sudah melakukan studi kelayakan serta mengusulkan empat prodi di Fakultas Agama Islam. Empat prodi tersebut terdiri dari prodi Politik Pemikiran Islam, Perbankan Syariah, Bimbingan dan Konseling Islam, serta Manajemen Pendidikan Islam. Tujuan dibentuknya fakultas ini adalah untuk mencetak para sarjana yang harus bisa mengayomi kebutuhan masyarakat luas. 

"Unisba sebagai universitas yang melayani masyarakat. Terus mengembangkan para sarjana yang intrapreneur dan entrepreneur serta harus bisa mengayomi kebutuhan masyarakat luas. Diantaranya kita belum memiliki Fakultas Agama Islam, sehingga diusulkanlah pembentukan fakultas ini," ujarnya. 

Fakultas ini sendiri telah mendapatksn persetujuan dari rektor dan yayasan yang diusulkan tahun 2019 lalu dan mendapat rekomendasi dari Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) di Surabaya pada Februari 2020. Kemudian, diserahkan ke Jakarta dan saat ini sudah sampai pada tahap verifikasi dan validasi prodi. Adapun realisasi fakultas ini masih menunggu seluruh tahap sudah selesai dan mendapatkan izin operasional. 

"Kita harapkan tahun depan kita sudah mulai bisa buka, karena izin operasional pasti perlu waktu antara satu sampai tiga bulan," pungkasnya. (aif/dls/sn)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama