foto: saat kegiatan berlangsung

LPM FREEDOM – UNISBA | Dalam rangka melanjutkan program kerja, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Supriadi-Fatmawati Pangkalan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar kegiatan Penerimaan Tamu Racana (PTR) bertempat di Agrowisata Belimbing Karangsari, Kota Blitar pada Sabtu (11/12/2021).

Kegiatan ini mengambil tema “Mengimplementasikan Nilai Adaptif, Aplikatif, dan Elaboratif Tamu Racana terhadap Pola Mekanisme Pembinaan Pandega di Era New Normal”. Tema ini diambil untuk mengajarkan pola mekanisme pembinaan sesuai dengan protokol kesehatan. 

"Dengan tema yang kami usung, tiga poin aspek nilai tadi, harapannya supaya mahasiswa bisa mendapatkan ilmu pola mekanisme pembinaan sesuai dengan keadaan new normal dan tidak terlepas dari esensi pola mekanisme pembinaan pandega itu sendiri," ujar Nio Awandha Nehru selaku ketua pelaksana kegiatan ini. 

Kegiatan ini diikuti oleh 52 mahasiswa dari total 69 mahasiswa yang mendaftar. Peserta didominasi oleh mahasiswa semester 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai program pramuka wajib dan juga mahasiswa dari fakultas lain yang tergabung dalam UKM Pramuka. 

Adapun kegiatan ini juga dihadiri oleh Presiden BEM Unisba, Ahmad Wahyu Prasetyo, Ketua DPM Unisba, Elsa Febiola, Dekan FKIP Unisba, Devita Sulistiana, S.Si., M.Pd., dan Wakil Rektor III Unisba, Dr. Supriyono, M. Ed. Dalam sambutannya, Dr. Supriyono, M. Ed. turut mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan gerakan pendidikan nasional. 

"Kita semua sekarang bergerak untuk membina pelajar-pelajar pancasila yang memiliki karakter beriman dan berketuhanan, kebhinekaan global, kreatif, berpikir kritis, dan memiliki kemampuan problem solving," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pramuka adalah tempat untuk menempa kompentensi diri, sehingga dapat mewujudkan pemimpin yang mampu mengatasi segala persoalan. 

"Pramuka adalah tempat untuk menempa diri dalam konteks kesemaptaan pribadi, kompetensi inti pribadi dan kompetensi teknik pribadi sehingga anda nanti akan menjadi pemimpin yang mampu mengatasi segala persoalan bangsa ini," pungkasnya. (eda/sn) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama