Foto : Rektor Unisba Blitar (tengah), Wakil Rektor I (kanan), Wakil Rektor III(kiri), bersama perwakilan mahasiswa baru angkatan 2021

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar baru saja menggelar Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa (5/10/2021) pagi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem hybrid melalui zoom meeting dan live streaming youtube, mengingat masih adanya pandemi covid-19.

Kegiatan PKKMB ini dibuka secara langsung oleh Rektor Unisba Blitar, Drs. Soebiantoro, M.Si. seraya mengucapkan selamat datang dan menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru.

“Bagi para mahasiswa, disamping memiliki hard skill juga diperlukan soft skill yang nantinya akan bermanfaat jika sudah menyelesaikan pendidikan. Soft skill dapat diperoleh dengan mengikuti kegiatan organsasi di dalam kampus maupun mengikuti program merdeka belajar dan kampus merdeka,” ucapnya dalam sambutan pembukaan PKKMB. 

PKKMB Unisba Blitar tahun 2021 kali ini mengusung tema “Penguatan Karakter Kemandirian, Integritas, Intelektualitas, dan Adaptasi Guna Mewujudkan Merdeka Belajar di Era Society 5.0” dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

Novi Catur Muspita, S. Pd., M. Si., selaku Ketua Panitia PKKMB mengungkapkan dipilihnya tema tersebut adalah karena sesuai dengan tuntutan zaman yang sekarang sudah memasuki era society 5.0.

"Dengan era society 5.0 saat ini, revolusi industri menuntut karakter yang mandiri menghadapi tantangan global, mampu memberikan problem solving yang tepat, mampu melihat peluang masa depan, dan juga beradaptasi,” ungkapnya.

Adapun jumlah mahasiswa baru tahun ini sebanyak 944 mahasiswa, dimana Fakultas Ekonomi yang memiliki peminat terbanyak dan kemudian disusul oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ia juga mengatakan, yang menjadi pembeda PKKMB tahun ini dengan tahun lalu adalah jika kegiatan PKKMB tahun lalu dilakukan secara delay atau siaran ulang, namun untuk tahun ini dilakukan secara live melalui kanal Youtube dan Zoom Meetings.

Dengan adanya PKKMB ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi, meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan yang akan ditempuh dan pendidikan karakter, dan terciptanya kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, dan civitas akademika. 

Novi juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan cepat, terus belajar dan bersemangat menyiapkan diri untuk meniti karir. 

“Selamat datang mahasiswa baru, selamat bergabung dengan Universitas Islam Balitar. Salam maju dan sukses. Universitas Islam Balitar mewarnai Blitar, Indonesia, dan dunia,” ujarnya.

Di sisi lain, Presiden Badan Eksektif Mahasiswa (BEM), Ahmad Wahyu Prasetyo juga menyampaikan pesan untuk mahasiswa baru untuk menanamkan pada diri mereka bahwa mahasiswa berbeda dengan siswa serta dapat memaksimalkan gelar sebagai mahasiswa itu sendiri.

“Ketika kita menjadi mahasiswa ini tidak hanya pendidikan saja, namun juga penelitian dan pengabdian. Maka dari itu maksimalkan potensi dan minat bakat sehingga untuk ke depannya kalian menjadi mahasiswa yang siap untuk memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Elsa Febiola turut mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan juga berpesan agar para mahasiswa baru dapat lebih produktif.

“Selamat datang di kehidupan kampus yang identik dengan mimpi-mimpi dan idealisme. Harapannya untuk mahasiswa baru supaya bisa lebih produktif karena kalian akan mengalami masa transisi dari SMA ke dunia kampus yang sangat berbeda. Selain itu, bisa menggapai mimpi kalian melalui Universitas Islam Balitar,” pungkasnya. (sn/ar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama