LPM Freedom - UNISBA | Dimulainya pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) secara daring atau online menimbulkan beragam tanggapan dari mahasiswa Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. UAS semester ganjil sendiri dilaksanakan selama dua Minggu, terhitung sejak 1 Februari kemarin sampai 13 Februari 2021 mendatang.

Akbrilia Arif Astuti, mahasiswa program studi (Prodi) Akuntansi semester 3 mengatakan pelaksanaan UAS secara daring lebih ramah terhadap mahasiswa. Pasalnya waktu yang diberikan dosen kepada mahasiswa lebih panjang, jadi tidak terburu-buru untuk segera dikumpulkan.

"Misal masih ada pekerjaan lain, UAS bisa dikerjakan setelah pekerjaannya selesai. Terus materi juga bisa diakses melalui mana saja," ujarnya saat dikonfirmasi lewat telepon pada Senin (1/2/21).

Selain itu, menurutnya, dari banyak dosen yang mengampu mata kuliah, memberikan UAS daring berbeda-beda. Terdapat dosen yang memberikan tugas berat ada juga yang memberikan tugas yang tergolong ringan.

"Meski waktunya panjang, tapi kalau tidak bisa memanfaatkan waktu pasti hasilnya memakai sistem kebut. Intinya kalo online masih bisa refresh pikiran, selama pandemi pasti banyak aktivitas baru yang dimulai di rumah. Tetapi kembali lagi, itu tergantung mahasiswanya," jelas Akbrilia.

Sedikit berbeda, Wisnu Bayu Aji, yang merupakan mahasiswa Ilmu Hukum semester 3 menjelaskan UAS kali ini cukup mengasyikkan. Selain tidak ada pengawas ujian, waktu yang diberikan lebih panjang dari pada saat ujian secara tatap muka.

"Kali ini UAS lumayan ramah bagi mahasiswa, sebab tidak ada yang mengawasi selama ujian berlangsung. Mahasiswa juga tidak harus mengerjakan secara terburu-buru," ujar mahasiswa yang pernah berkuliah di ISI Surakarta ini.

Wisnu juga berpendapat tugas yang diberikan oleh dosen juga wajar, tidak terlalu banyak. Sehingga tidak terlalu membebankan para mahasiswa.

Sementara itu, di sisi lain, Kepala Bagian Akademik UNISBA Blitar, Jeka Widiatmanta mengatakan pihaknya mengatur jadwal berdasarkan kalender akademik. Sedangkan terkait pelaksanaan kegiatan sudah dilimpahkan kepada setiap fakultas dan Prodi.

"Bagian Administrasi Akademik (BAA) sudah menentukan jadwalnya sejak awal, untuk mekanisme ujiannya termasuk deadline tugas, kami serahkan kepada setiap fakultas dan masing-masing Prodi yang ada di UNISBA," terangnya. (bv/ab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama