LPM FREEDOM - UNISBA | Menyongsong pelajar go international di masa mendatang, Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar bekerja sama dengan Cultural Study Club SMAN 1 Kota Blitar menyelenggarakan pelatihan daring melalui googlemeet bertajuk "Exploring Australian Culture" pada hari Senin (1/2/21).

Supriyono, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNISBA Blitar yang juga merupakan pemateri pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa dirinya diminta oleh ketua Cultural Study Club SMAN 1 Kota Blitar guna memberikan materi kepada segenap anggota klub tentang pemahaman lintas budaya di Australia. Hal ini karena latar belakang beliau sendiri yang memang pernah tinggal dan mengajar di negara benua tersebut.

"Jadi program ini adalah pembinaan terhadap klub, yang juga pertama kegiatan ini merupakan salah satu bentuk layanan pengabdian masyarakat kepada sekolah, yaitu SMA turut serta membangun pemuda-pemudi yang cinta Indonesia tapi dia juga mampu menjadi duta-duta Indonesia di luar negeri yang sehari ini fokusnya kepada negara Australia," tuturnya.

Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian untuk membangun konektivitas akademika antara UNISBA Blitar dengan sekolah-sekolah.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pak Pri ini juga menjelaskan tujuan utama dari kegiatan pelatihan tersebut adalah untuk membimbing pelajar yang biasanya lebih tertarik dengan program pertukaran pelajar antar negara serta bagi yang berkeinginan melanjutkan studi di Australia agar lebih mengerti tentang budaya yang ada di Negeri Kangguru tersebut dan bagaimana cara kita menyikapinya agar sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia yang pancasilais, cinta NKRI, dan berpedoman pada UUD 1945.

"Untuk materinya hari ini yang pertama itu sejarah Australia itu sendiri, kemudian budaya dan kebiasaan yang ada di Australia, lalu pemahaman antar negara," terang Pak Pri.

Ia berharap dengan diadakannya acara tersebut, UNISBA Blitar sendiri akan tetap menjadi Center of Excellent yang bisa mengayomi dan turun langsung ke masyarakat sesuai dengan bidangnya. (bm/ ab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama