LPMFreedom - UNISBA | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar menggelar pra Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) III guna membekali mahasiswa sebelum menjalani PLP. Kegiatan tersebut dilaksanakan via daring, pada Rabu (3/2) sampai Jum'at (5/2/2021).

Dekan FKIP, Devita Sulistiana S.SI, M.Pd mengatakan, pada pelaksanaannya nanti, PLP III akan berlangsung selama satu bulan ke depan. Meski kemungkinan besar akan dilaksanakan secara daring, harapannya tidak mengurangi makna dari PLP itu sendiri.

"PLP III akan kita laksanakan 8 Februari sampai 13 Maret 2021, dan diikuti oleh mahasiswa semester 7," katanya.

Ia menjelaskan, tujuan dari pra PLP untuk membekali mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PLP III. Sehingga para mahasiswa menjadi lebih siap ketika berada di lapangan.

"Materi pra PLP itu ada evaluasi pembelajaran, perencanaan pembelajaran, etika profesi, kemudian ada kaitannya dengan perangkat pembelajaran," jelasnya pada LPM Freedom.

Untuk kegiatan PLP III sendiri, lanjut Devita, pihaknya sudah memberikan surat permohonan kepada kurang lebih 8 sekolah yang ada di Blitar Raya. Ia mencontohkan sejumlah sekolah yang akan menjadi tempat mahasiswa FKIP untuk kegiatan PLP III.

"SMAN 4 Blitar, SMAN Kademangan, nanti akan menjadi tempat bagi yang berasal dari program studi, PPKn, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Biologi. Sementara bagi mahasiswa PGSD, tempatnya di SDN Srengat 1," terangnya.

Ia berharap kegiatan ini nantinya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah untuk bisa dipraktekkan di satuan pendidikan.

"Jadi ini untuk mempersiapkan seorang mahasiswa menjadi guru atau seorang pendidik. Sehingga nanti mereka lebih siap lagi saat sudah lulus dari bangku kuliah," pungkas Devita. (bv/ab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama