foto: kegiatan lomba bisnis plan

LPM Freedom – UNISBA | Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar menggelar kegiatan Simposium dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dengan mengusung tema “Menumbuhkan Santripreneur yang Berdaya Saing untuk Membangun Kemandirian Ummat.” Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai Jum’at (20/10/2023) hingga Minggu (22/10/2023). 

Dalam menggelar kegiatan ini, UNISBA Blitar juga bekerja sama dengan beberapa pihak seperti, komunitas TDA (Tangan di Atas), LPANI (Lembaga Pendidikan Agama dan Nilai Islam), Himaprodi PPKn, serta UKM Islam (UKMI) Nurul Mujahid.

Pada acara pembukaan Simposium yang dilaksanakan di Aula Terbuka UNISBA Blitar, turut dihadiri oleh Dr. H. Soebiantoro, M.Si selaku Rektor UNISBA Blitar, Shuban Ansori, M.Pd I selaku Ketua Forum Kerjasama Koperasi Pondok Pesantren Jawa Timur, Solichin Fanani selaku wakil ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur, Gus Luby selaku pimpinan Pondok Pesantren Bustanu Muta’alimin, Anggia Ermarini, MKM selaku anggota DPR RI, perwakilan GP Anshor, perwakilan Muslimat NU Blitar, perwakilan Aisyiyah Blitar, serta seluruh civitas akadmika dan para mahasiswa baru UNISBA Blitar. 

Beberapa kegiatan yang disajikan dalam kegiatan ini diantaranya Sholawat dan Dzikir serta Simaan Al- Qur’an yang menjadi satu rangkaian kegiatan pada hari Jum’at (20/10/2023). Di hari kedua, tepatnya pada Sabtu (21/10/2023) dilanjutkan dengan kegiatan Parade Sholawat yang diikuti oleh Rohis SMA/SMK/MA se-Blitar Raya serta Lomba Bisnis Plan Syari’ah yang juga diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Blitar Raya. Selanjutnya, di hari Minggu (22/10/2023) dilaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional yang bertempat di Kantor Walikota Blitar.

Minto Santoso, M.Pd selaku Koordinator kegiatan mengungkapkan selain kegiatan simposium, UNISBA Blitar juga mengadakan kegiatan bazar di Aula Terbuka yang diikuti oleh beberapa himaprodi dan mahasiswa yang telah lolos P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) maupun PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

"Ada himaprodi PGSD, PPKN, serta turut serta juga dari teman-teman yang lolos program kewirausahaan nasional baik itu P2MW atau PKM. Alhamdulillah kita bisa memfasilitasi mereka untuk menunjukkan hasil usahanya," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNISBA Blitar, Dr. H. Soebiantoro, M.Si berharap bahwa melalui perayaan ke-78 Hari Santri Nasional tahun ini mampu menjadikan santri untuk dapat berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

"Harapan saya dengan adanya Hari Santri Nasional ini menjadikan santri lebih maju dan dapat berkontribusi untuk negara dan bangsa," pungkasnya. (dls/na)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama