foto: ilustrasi / freepik

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar akan menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 21 Agustus hingga 19 September 2023.

Denok Wahyudi Setyo Rahayu, selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) mengatakan bahwa kegiatan KKN tahun ini akan dilaksankan di wilayah Blitar Selatan.

"Untuk tempat nanti kita mau mengambil wilayah selatan. Lokasi tepatnya nanti akan diumumkan pada waktu opening KKN," katanya saat ditemui pada Senin (26/6).

Ia menjelaskan bahwa alasan menjadikan wilayah Blitar Selatan sebagai lokasi KKN di tahun ini adalah karena sesuai dengan tema yang akan diambil yaitu "Kebencanaan dan UMKM" dimana di wilayah tersebut sering terjadi bencana yang perlu diantisipasi dan juga terdapat banyak UMKM yang dapat dikembangkan.

"Jika dilihat kondisi saat ini sering terjadi bencana, dengan adanya tema yang pertama itu diharapkan supaya masyarakat sekitar sana bisa memahami bagaimana mengantisipasi apabila ada bencana. Untuk tema yang kedua, pada dasarnya kampus kita adalah kampus entrepreneur sehingga kita bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di kampus kepada masyarakat," jelasnya.

Pelaksanaan KKN ini pada umumnya dilakukan berkelompok, dimana banyaknya kelompok tersebut ditentukan oleh banyaknya lokasi.

"Kelompoknya nanti acak seluruh fakultas. Untuk jumlahnya disesuaikan dengan lokasi yang ada," kata Denok.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa juga akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bertugas untuk membimbing mahasiswa di lokasi untuk memilih program yang akan dilaksanakan.

"Memang tema besar kita ada dua itu tadi, tetapi itu nanti harus bisa diturunkan ke arah tema-tema kecil dan semua ilmu dari seluruh fakultas harus bisa terimplementasi," ujarnya.

Sasaran utama peserta KKN adalah mahasiswa Unisba Blitar yang saat ini sedang berada di semester enam. 

Adapun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam mengikuti KKN. Syarat tersebut meliputi:
  • Melakukan pendaftaran online melalui link bit.ly/kknunisbablitar2023 hingga 30 Juni 2023
  • Validasi Bukti Pembayaran KKN sebesar 400 ribu rupiah oleh Bagian Keuangan (diunggah pada link pendaftaran)
  • Scan KTP dan Pas Foto 3 x 4 beralmamater dengan background kuning (diunggah pada link pendaftaran)
  • Lunas administrasi s/d semester 6
Denok mengatakan bahwa dari biaya registrasi KKN tersebut mahasiswa akan mendapatkan beberapa benefit diantaranya seragam KKN, asuransi, cashback ke mahasiswa, dan souvenir untuk setiap desa.

Terakhir, ia berharap KKN tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan semua yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah lokasi yang dituju.

"Harapannya semoga bisa berjalan dengan lancar, semua yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat di lokasi yang kita tuju, dan nama kampus menjadi semakin harum. Semoga nanti mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu-ilmunya di lapangan sehingga nanti bisa memberikan efek positif bagi kampus juga," pungkasnya. (sn/na)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama