Foto : Pembukaan PKKMB Unisba Tahun 2022

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk hari pertama pada Selasa (4/10/2022). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih dilaksanakan secara daring atau online, untuk tahun ini kegiatan PKKMB dilaksanakan secara langsung di kampus Unisba.

Kegiatan utama PKKMB tahun ini dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai Selasa (4/10/2022) sampai hari Kamis (6/10/2022). Selain itu, juga ada kegiatan lain seperti Pra PKKMB yang diadakan pada hari Senin (3/10/2022) dan kegiatan sholawat rutinan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru pada Jum'at (7/10/2022) mendatang.

Pada hari pertama PKKMB, kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dan penampilan Jas Mob oleh para Mahasiswa Baru. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan materi Pengenalan Perguruan Tinggi oleh Wakil Rektor III, Dr. Supriyono, M.Ed. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan beberapa materi tentang Bahaya Bullying dari Kepala BPM, Muh. Zainul Ikhwan,S.H., M.H. serta materi perihal Bahaya Narkoba yang disampaikan langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono, S.E. 

Selain itu, para mahasiswa baru juga mendapatkan wawasan tambahan perihal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang disampaikan oleh Dr. Denok Wahyudi, S.T.,M.M, Organisasi dan Kemahasiswaan oleh Sabitul Kirom,M.Pd., kemudian kegiatan dilanjutkan untuk penutupan PKKMB hari pertama.

Dalam PKKMB UNISBA kali ini tema yang diambil ialah "Membangun Ketangguhan Pembelajar Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Semangat Nasionalisme, Jiwa Kewirausahaan, Etika Moral dan Kebajikan". Abdi Pandu Kusuma, S. Kom., M.T, selaku Ketua Panitia PKKMB UNISBA menuturkan, alasan dibalik pemilihan tema ini ialah supaya mahasiswa baru nantinya bisa mengembangkan nilai-nilai dasar mereka dalam dunia perkuliahan.

"Agar nanti mahasiswa tidak sekedar masuk kuliah melakukan kegiatan pembelajaran saja, tapi bisa mengembangkan nilai-nilai dasar mereka dalam dunia perkuliahan" tuturnya saat ditemui Tim LPM Freedom.

Foto : Pemaparan materi dalam kegiatan PKKMB Unisba

Pandu menambahkan, kecanggungan antara Panitia Pendamping menjadi kendala yang dialami dalam pelaksanaan pembukaan PKKMB hari pertama ini. Hal ini karena perbedaan kegiatan upacara pembukaan yang diadakan dari tahun sebelumnya, sehingga hal-hal semacam ini dapat terjadi. Meskipun begitu, Dosen Prodi Teknik Informatika ini menjelaskan keseluruhan acara telah berjalan dengan lancar.

"Kendalanya penyesuaian saja, karena sebelumnya belum pernah melakukan upacara pembukaan diluar ruangan, jadi masih ada sedikit kecanggungan dari panitia pendamping, tapi secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar" jelasnya.

Lebih lanjut, Pandu mengharapkan agar para mahasiswa memiliki jiwa yang lebih dewasa dari sebelumnya serta bisa mengembangkan materi untuk kedepannya.

"Harapan saya mahasiswa baru kedepannya mampu menjadi mahasiswa yang lebih baik, dalam artian nanti setelah mereka memasuki jenjang perkuliahan mereka memiliki jiwa yang lebih dewasa, dari yang sebelumnya siswa menjadi sebagai mahasiswa" ujarnya.

Doni Prasetya, salah satu mahasiswa baru Prodi Peternakan menjelaskan alasannya memilih  Unisba. Menurutnya, selain karena prodi yang ia minati ada di Unisba, kampus ini merupakan perguruan tinggi dengan Akreditasi yang lebih baik dari lainnya.

"Karena jurusan yang saya minati ada di Unisba, dan akreditasi kampus sudah lebih baik dari pada kampus lain" jelas Doni saat ditanya perihal alasan memilih Unisba.

Terkait pelaksanaan PKKMB Unisba di hari pertama, Doni menambahkan, dirinya mengaku senang bisa menjadi bagian dari keluarga besar Unisba. Dalam kegiatan ini, ia mengaku mendapatkan banyak teman untuk bertukar cerita dan pengalaman.

"Senang, katingnya baik-baik, dapat teman baru, juga tukar pengalaman dan tukar cerita", ujarnya

Untuk diketahui, PKKMB Unisba Tahun 2022 kali ini dikuti sebanyak 1052 mahasiswa baru yang terdaftar dalam 21 Prodi yang ada. Dari jumlah tersebut, Prodi Manajemen masih menjadi penyumbang mahasiswa baru terbanyak di Unisba, yakni sebanyak 250 mahasiswa baru, diikuti oleh Prodi Teknik Informatika (TI) sebanyak 123 mahasiswa baru dan Prodi Ilmu Hukum dengan 96 mahasiswa baru. (iaf/dls)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama