foto: foto saat penyampaian materi berlangsung

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) hari kedua pada Rabu (6/10/2021). Pada hari kedua ini dibahas kehidupan kampus yang lebih mendalam. 

Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB dan diawali dengan pengenalan profil kampus, Himaprodi, serta UKM. Selanjutnya, diisi dengan beberapa materi. 

Terdapat enam materi yang disampaikan. Materi pertama, pengenalan visi misi Unisba yang disampaikan oleh Wakil Rektor III, Dr. Supriyono M. Ed. Sesi berikutnya diisi dengan materi mengenai pengenalan sistem akademik perguruan tinggi di Indonesia dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang disampaikan oleh Wakil Rektor I, Ir. Tri Kusniastuti M.M.A. Kemudian dilanjutkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Akademik, Jeka Widiatmanta S.P., M.M. yang menjelaskan mengenai motivasi belajar di perguruan tinggi. 

"Ini merupakan hal penting yang harus disampaikan kepada mahasiswa, supaya mempermudah adaptasi terhadap kehidupan kampus baik secara pembelajaran maupun sistem akademik yang barangkali sebelumnya dari SMA, SMK, atau mungkin yang sudah bekerja," jelas Novi Catur Muspita, S.Pd., M.Si., selaku Ketua Panitia PKKMB.

Materi berikutnya mengenai organisasi dan kemahasiswaan serta pengenalan program kreativitas dan inovasi mahasiswa yang disampaikan oleh Kabag Kemahasiswaan, Sabitul Kirom, M.Pd.

"Karena nanti di program kreativitas mahasiswa akan banyak sekali kegiatan penulisan karya ilmiah tingkat nasional, dan juga berbagai macam lomba juga kegiatan yang melibatkan mahasiswa," ujar Novi. 

Pemateri selanjutnya, Dr. Denok Wahyudi Setyo R., S.T.,M.M., selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang membawakan materi mengenai pengenalan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang pencegahan anti toleransi, kekerasan seksual, perundungan dan anti korupsi yang disampaikan oleh Eko Adi Susilo, S.E., M.M. 

"Tentu saja disetiap akhir pemaparan akan ada sesi tanya jawab bersama peserta via zoom meeting yang dipandu oleh host," pungkas Novi. (cel/sn) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama