Peresensi : Ibnu Ahmad Fauzi – Teknik Informatika'19

Siapa sih yang tidak tau komedi ?, jika dikutip dari wikipedia komedi  adalah genre fiksi yang terdiri dari wacana atau karya yang dimaksudkan untuk menjadi lucu atau menghibur dengan mengundang tawa, terutama di teater, film, komedi stand-up, televisi, radio, buku, atau lainnya. media hiburan. Namun ada saat dimana dalam sebuah komedi terdepat keseriusan di dalamnya.

Ada salah satu buku yang menarik untuk saya resensi, yaitu buku yang berjudul “Drunken Monster”. Salah satu buku yang ditulis oleh Pidi Baiq, yaitu seorang yang juga menulis buku Dilan yang populer dan digemari muda mudi.

Saya mengambil buku ini karena saya sendiri bukan tipe orang yang suka membaca buku, hehe.. Namun karena genre buku ini humor dan fiksi, jadi menurut saya tidak ada salahnya jika mengambil buku ini, satu hal yang saya fikirkan adalah isi buku ini tidak berat.

Selain itu ada hal lain yang menarik bagi saya, yaitu pada sampul bagian depan buku ini terdapat kutipan dari Dr. Bambang Sugiharto yang mengatakan “Buku Ini Berbahaya”, itu lah yang membuat saya semakin yakin untuk mengambil buku ini dari rak buku ketika saya membelinya, dan hanya sekedar melepas rasa penasan dari kata berbahaya tersebut.

Buku tersebut berisi 28 judul dan menceritakan kehidupan Pidi Baiq yang konyol, kocak, nyeleneh dan pastinya bikin ngakak. Ketika membaca isi buku ini sambil ketawa, seketika saya berfikir bahwa humorku sedang berwisata, karena sebagian besar dialog atau percakapan yang ditulis dalam buku ini dibawakan menggunakan bahasa daerah bandung, sedangkan saya sendiri berasal dari Blitar Jawa Timur, yang pastinya bahasa yang dibawakan juga sudah berbeda. Namun walaupun begitu Pidi Baiq masih berbaik hati dengan menambahkan translate bahasa indonesia di setiap akhir baris percakapan, namun itu tidak mengurangi efek lucu dari cerita yang dibawakan.

Bagian cerita yang paling saya sukai adalah ketika pada judul Mengejar Kereta, ketika itu Pidi Baiq naik mobil bersama pamannya, ketika itu mereka melewati jalan Konsekwen sambil melihat gedung-gedung peninggalan Belanda di kanan kirinya yang masih kokoh berdiri sampai sekarang. Ketika ada beberapa pertanyaan Pidi Baiq yang menurut saya sangat kocak “Aneh ya, Bang, diurus sama penjajah malah bagus.” , “Sama kita malah ancur.” , “Atau, kita ajuin proposal aja, Bang!” , “Ya ajuin ke Pemerintah Belanda-lah. Ke kedubesnya supaya saya punya kenalan. Atau, ke Kedubes Inggris. Kirim proposal minta dijajah lagi.”. Beberapa pertanyaan itu sangat kocak menurut saya karena pemikiran konyol yang ia sampaikan sungguh tidak pernah saya pikirkan.

Selain itu juga ada kata-kata dari Dr. Yasraf Amir Piliang yang ditulis di kata pengantar buku ini. Beliau berkata “Buku ini menyadarkan kita bahwa keisengan, keusilan, dan kekocakan dapat menjadi pintu masuk ke dalam keseriusan.”. Contohnya pada bagian cerita yang berjudul “Oh, Kerja”, ada sebuah percakapan yang menarik antara Pidi Baiq dan instrinya, ketika itu Pidi Baiq mengirimkan SMS ke istrinya yang sedang bekerja, dan SMS itu berisi “Ibu, apa yang kamu cari?” dan istrinya menjawab “Cari uang!” sampai disini menurut saya itu sesuatu yang sudah sewajarnya karena namanya kerja ya pasti cari uang, namun setelah itu Pidi Baiq mengirim SMS lagi yang isinya “Emangnya, uang Ibu hilang?”. Nah sampai disini pun saya dibuat berfikir, karena ada benarnya kalau mencari sesuatu pasti barang yang dicari itu hilang.

Mungkin sampai disini beberapa hal yang bisa saya sampaikan, secara keseluruhan ini adalah buku yang sangat menarik, mulai dari cover, isi dan ilustrasi-ilustrasi yang disisipkan di dalamnya walaupun ala-ala gambaran tangan namun menurut saya menambah kesan komedi yang diceritakan dalam buku ini. Jadi buku ini sangat cocok dibaca oleh orang-orang seperti saya yang tidak suka dengan cerita berat-berat, hehe. Kalau begitu ada kurang lebih atau salah kata dalam resensi yang saya sampaikan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Sekian dan terimakasih.

Judul Buku : Drunken Monster
Penulis : Pidi Baiq
Penerbit : Pastel Books PT. Mizan Pustaka
Halaman : 289 halaman
Genre : Humor, Fiksi
ISBN : 9786026716354

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama