Kantin unisba (setahun lalu) sebelum dibongkar

LPM FREEDOM - UNISBA | Kantin adalah tempat untuk menjual makanan dan minuman yang biasanya terdapat di sekolah, asrama, kantor, atau kampus. Di lingkungan kampus sendiri, kantin biasa digunakan menjadi tempat berkumpul bagi mahasiswa. Namun, di Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar saat ini masih belum memiliki kantin.

Dr Ratnawan Lukito, M.Pd., Kepala Bagian Umum Unisba mengatakan, hal ini disebabkan oleh dilarangnya pembukaan kantin di lingkungan kampus. Dirinya berdasar menurut Surat Edaran (SE) Nomor 4 dan Nomor 6 Tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021.

"Sementara ini berdasarkan surat dari kementerian, untuk di lingkungan kampus itu masih dilarang untuk membuka kantin dalam rangka mencegah penyebaran covid," katanya.

Dosen yang akrab disapa Pak Wawan itu menyadari bahwa sebenarnya kantin itu harus ada untuk memfasilitasi mahasiswa untuk berdiskusi, berkumpul, atau kegiatan lain.

"Untuk saat ini kita tidak bisa memaksakan diri. Kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan dari Satgas, karena kegiatan-kegiatan kerumunan itu masih dipantau terus oleh Satgas," ujarnya, Rabu (7/7/2021).

bangunan yang dulu menjadi kantin, saat ini rata dengan tanah

Pihaknya menambahkan, bahwa sebenarnya Unisba Blitar juga sudah menyiapkan tempat yang nanti bakal digunakan untuk kantin.

"Sebetulnya kita sudah menyiapkan tempat untuk kantin. Rencananya nanti akan dibuat ada yang outdoor ada yang indoor. Tetapi akan dibuka menunggu surat dari kementrian," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Nana Aidia, salah satu mahasiswa Prodi Teknik Informasi (TI) mengatakan, di lingkungan kampus harus tersedia fasilitas kantin. Ia menyebut, dengan adanya kantin dapat mempermudah mahasiswa ataupun warga kampus dalam memenuhi kebutuhan konsumsinya agar tidak perlu jauh-jauh keluar kampus.

"Dengan tidak adanya kantin menurut saya itu tidak cukup relevan aja sih, apalagi ini di lingkungan kampus" katanya.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh mahasiswa Prodi Manajemen, Santi Aryani Setyaningsih, baginya pihak kampus harus menyegerakan pembangunan kantin.

"Harapan saya kantin menyediakan makanan yang fresh, tempat yang bersih dan harga yang terjangkau dikalangan mahasiswa" ungkapnya.

Untuk diketahui, sejak pembongkaran kantin yang lama (di sebelah utara) pada tahun lalu, hingga sekarang Unisba Blitar belum memiliki bangunan kantin yang baru. (dls/snm)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama