foto: wakil rektor 1 (kiri) dan wakil rektor 3 (kanan) bersama para pemenang pilmapres Unisba

LPM FREEDOM - UNISBA | Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar sukses menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) pada Selasa (15/6/2021).

Sabitul Kirom, Kabag Kemahasiswaan mengatakan bahwa Pilmapres merupakan sebuah kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan untuk mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi. 

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi para peserta Pilmapres yang diantaranya, terdaftar sebagai mahasiswa aktif Unisba Blitar pada PDDikti maksimal semester 6, berumur tidak lebih dari 22 tahun pada 1 Januari 2021, serta belum pernah menjadi finalis Pilmapres tingkat Nasional.

Para peserta Pilmapres adalah delegasi dari setiap Program Studi (Prodi) di Unisba Blitar. Setiap Prodi dapat mengirimkan delegasi mahasiswa berprestasi yang telah diseleksi di tingkat Prodi untuk didaftarkan ke Pilmapres tingkat Universitas.

Selanjutnya, peserta akan melalui dua tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Hasilnya, Elsa Febiola menempati juara pertama disusul dengan Hawa Ayom Ilavi di posisi kedua dan Nurma Atalsa Sofansyah di posisi ketiga.

Saat pengumuman pemenang, turut hadir pula Jajaran Rektorat, Kepala Badan Pejaminan Mutu dan Kode Etik, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan, serta beberapa Dekan dan Kaprodi Unisba Blitar.

"Harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan Pilmapres ini dapat meningkatkan talenta mahasiswa Unisba Blitar dalam berkreasi dan berinovasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik," ujar Sabitul Kirom.

Hawa, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum yang menjadi  juara kedua ajang Pilmapres tingkat Universitas itu mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dapat menempati posisi kedua. Ia optimis dengan ini dirinya dapat terus mengembangkan karya-karyanya serta menambah relasi dan wawasan dari internal maupun eksternal kampus.

Hal senada juga diucapkan oleh Nurma, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang menempati posisi ketiga. Ia mengaku sangat senang sekaligus menjadi tantangan baginya untuk terus berperan aktif dan berkontribusi serta berinovasi selama menjadi seorang mahasiswa.

"Pesan saya buat teman-teman UNISBA, ayo tunjukkan potensi teman-teman. Saya yakin ada banyak mahasiswa yang lebih berpotensi daripada saya," tuturnya.

Di sisi lain, Elsa, mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara yang menjadi juara pertama pada acara itu mengatakan, dirinya senang dan bersyukur dapat menjadi pemenang Pilmapres tingkat Universitas. Selanjutnya, ia akan menjadi delegasi Unisba Blitar dalam ajang serupa di tingkat LLDikti Wilayah VII.

Saat ini, dirinya mengaku sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan ajang Pilmapres tingkat LLDikti Wilayah VII itu seperti mengevaluasi dan menambah bobot Gagasan Kreatif (GK) serta meningkatkan kemampuan berkominukasi.
r bukan berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) saja namun juga dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Harapan saya untuk ke depan dalam ajang pilmapres tingkat LLDikti wilayah VII yakni dapat memberikan yang terbaik untuk kampus tercinta saya UNISBA Blitar, kemudian dapat membawa nama baik kampus untuk lolos seleksi pilmapres tingkat nasional," pungkasnya. (bm/sn) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama