LPM FREEDOM - UNISBA | Teater Tali Usil (Talenta Seni Universitas Islam Balitar) merupakan salah satu UKM di Universitas Islam Balitar yang bergerak di bidang seni terutama seni pertunjukan dan perteateran. UKM ini dibentuk pada tanggal 12 Desember 2012. Dimana ketua pertama UKM ini ialah Agus Salim yang menjabat dua tahun, dari 2012 hingga 2014. 

Siti Fatmawati, selaku Ketua 1 UKM Teater Tali Usil saat ini mengatakan bahwa dulu anggota teater hanya sedikit. 

“Dulu Tali Usil kata alumni-alumni itu anggotanya cuma sedikit dan alhamdulillahnya mulai tahun saya, 2019, sampai tahun sekarang Tali Usil anggotanya banyak,” ujarnya Fatma saat ditemui. 

Sebelumnya setiap ada pementasan, biasanya UKM Tali Usil akan mengambil orang luar lantaran  keterbatasan talenta yang ada. 

“Dulu itu kalau ada pementasan itu kita biasanya mengambil dari luar karena kekurangan orang,” kata Fatma. 


Tali Usil ini pada awalnya merupakan gabungan dari teater, tari dan musik. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya terjadi perpecahan hingga menyebabkan salah satu UKM yang bernapasksn seni di UNISBA ini sempat vakum. 

“Tali Usil itu awalnya gabungan teater, tari, musik itu jadi satu dulu, makanya namanya Talenta Seni Universitas Islam Balitar bukan teater dulunya. Akhirnya karena pecah itu jadilah Teater Tali Usil sendiri,” jelas Fatma. 

Sementara untuk tahun 2020 ini, meski di tengah kondisi pandemi yang masih mencengkram, Tali Usil menerima penambahan anggota baru yang signifikan. 

"Alhamdulillah untuk angkatan ini lumayan banyak, sekitaran 30-an," pungkas Fatma.(sn/ab) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama