LPM Freedom - UNISBA | Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer  Universitas Islam Balitar, Blitar mengadakan workshop mengenai pembuatan robot untuk kedua kalinya yang dilakukan secara daring via zoom dengan mengangkat tema “Cara Mudah Membuat Robot dari Rumah” dengan pemateri Haris Yuana,ST., MT yang merupakan dosen aktif prodi Siskom pada kemarin, Minggu (6/12/20).

Webinar kali ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memajukan Himaprodi Sistem Komputer yang sebelumnya juga pernah mengadakan acara serupa tahun lalu. Namun karena status pandemi tak kunjung dicabut, memaksa kegiatan tahun ini harus dilakukan secara daring.

‘’Dikarenakan adanya Covid-19, demi mematuhi peraturan pemerintah dan kami juga perlu untuk melakukan kegiatan ini, maka dari itu kami mengadakan secara online, supaya adik-adik atau temen-temen tidak kalah persaingan di era yang semakin moderen seperti ini," ujar Febri selaku Ketua Himaprodi Siskom.

Perubahan workshop dari yang sebelumnya dilakukan tatap muka, dan kini harus berubah daring pastinya menimbulkan beberapa kendala. Lantaran pemaparan tata cara pembuatan modul robot pastilah tidak sederhana. Devid selaku sekretaris pelaksana menuturkan,

‘’Jadi kita sudah kedua kalinya mengadakan workshop namun dulu masih tatap muka sehingga peminat pun banyak, kalau sekarang terkendala di covid jadi kami adakan via online nah ini menyebabkan penurunan peserta karena peserta tidak bisa praktek langsung menggunakan kit robot tersebut.’’

Namun adanya kendala tak menurukan semangat para panitia untuk melanjutkan webinar. Kurang lebih ada sekitar 20 peserta yang merupakan siswa berbagai tingkatan mulai dari SD, SMP sampai SMA bergabung mengikuti webiinar hingga acara tetap sukses dilaksakan.

‘’Harapan saya melalui kegiatan ini, Prodi Sistem Komputer lebih dikenal masyarakat umum dengan melalui hima dapat berbagi ilmu dengan adik-adik di sekolah terkait robotika dan otomasi komputer yang menjadi ciri khas dsri mahasiswa Sistem Komputer, dan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari kami civitas akademik sistem komputer dalam mengenalkan dan menerapkan teknologi yang bermanfaat sehingga kegiatan ini dapat menjadi penyemangat bagi adik-adik di sekolah yang memiliki passion di dunia robotika untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya," tutur Kurnia Paramita Kartika,S.ST., MT selaku Kaprodi Sistem Komputer, sekaligus moderator dalam webinar kali ini. (ld/ab) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama