Tahun terpenting saat mengemban ilmu yaitu menempuh pendidikan tinggi. Di mana banyak orang mencari jati diri mereka dan menentukan kemana mereka akan berlabuh untuk memggapai kesejahteraan di kehidupan yang sesungguhnya. 

Orang-orang itulah yang kita kenal dengan sebutan mahasiswa, baik mahasiswa di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, institut atau yang paling umum adalah universitas. 

Selain mereka mencari jati diri masing- masing, mereka pula memiliki tanggung jawab penuh bagi kalangan masyarakat dan pembangunan bangsa dengan peran sebagai Agent Of Change, Iron Stock, Social Control, dan Moral Force.
Saat ini banyak kasus korupsi yang merajalela, pengedar narkoba dimana-mana, kurangnya penegakan hukum, dll. Mahasiswa seharusnya cepat bertindak mengatasinya dengan menjadi objek atau pelaku dari sebuah perubahan kearah positif dan tindak menghilangkan jati diri kita sebagai mahasiswa dan bangsa Indonesia. 

Namun untuk mengatasi serta mengubah sebuah negara, hal yang utama yang harus diubah terlebih dahulu adalah diri sendiri. Selain itu, mahasiswa harus peduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar dan sebagai perantara atau penghubung masyarakat. Sebagai seorang mahasiswa, pastinya memiliki nilai moral, kecerdasan dan semangat juang yang tinggi.

Dalam kehidupannya mahasiswa telah mulai interaksi dengan lingkungan masyarakat, mestinya telah mengenal dan mengerti kehidupan masyarakat yang masih serba kekurangan serta membantu mengawasi jalannya roda pemerintah agar tidak tercipta kebijakan-kebijakan yang tidak pro dengan masyarakat. Itulah peranan penting mahasiswa bagi kehidupan masyarakat dan bernegara.

Tetapi terkadang mahasiswa kurang mengetahui apa yang sebenarnya menjadi fungsi dan perannya karena terkontaminasi oleh perkembangan zaman yang mengarahkan untuk individualistis. Sehingga perlu adanya pendobrak dari sekumpulan mahasiswa untuk bersama-sama merupakan badan yang nyata menjadi seharusnya menjalankan peran dan fungsi mahasiswa. 

Selain sebagai agen perubahan tidak hanya untuk dirinya tetapi untuk masyarakat dan negeri. Semua akan berdampak pada pembangunan dan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia.


Ditulis oleh Bella Fernanda
Mahasiswa Akuntansi – Fak. Ekonomi
Universitas Islam Balitar


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama