Yusuf Zen saat diwawancarai sehabis kegiatan sholawat

LPM FREEDOM - Sholawat merupakan bentuk ibadah kepada Allah sekaligus sebagai bukti kecintaan seorang hamba kepada Rasulullah Muhammad shallaallahu’ alaihi wasallam. Namun saat ini dunia dilanda virus covid-19 sehingga kegiatan sholawat bertransformasi yang mulanya antara dai dan mad’u secara lansung, sekarang berubah melalui platform media sosial yang tersedia.

Kemarin, Jum’at (11-9-2020) Universitas Islam Balitar mengadakan kegiatan rutinan sholawat setelah cukup lama vakum. 

Yusuf, selaku Pembina UKMI saat ditemui pada hari yang sama di aula terbuka mengatakan “Acara sholawat sudah diadakan sejak lima tahun yang lalu, di awali dari kepemimpinan rektor yang dulu, diadakanlah acara sholawat untuk mengisi kekosongan hati, sehingga ibarat rumah harus diisi sisi nilai religius sehingga hati mejadi tenang, menjalakan ibadah lebih nyaman. Menjalankan aktivitas lebih enak, dan menjadi hamba yang lebih baik, dan alhamdulillah bisa berjalan sampai sekarang tetap yang dipandu oleh para ustadz. Dengan kondisi pandemi seperti ini justru ditingkatkan lagi nilai ibadah kita dengan protokol kesehatan, cara kami untuk tetap menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat yaitu mentransformasi dengan kita buat dua media dakwah ada offline dan online, offline langsung bertatap muka tetapi waktunya dipersingkat dan hanya beberapa jamaah saja. Kemudian untuk tempat sudah kita tandai jaga jarak, physical distancing. Dan yang media online kita unggah di zoom dan youtube.”

Dimulainya kembali sholawat di Universitas Islam Balitar sebenarnya sudah sejak berlakunya imbauan New Normal pada bulan Juli. Juga sesuai dengan perwali yang telah diedarkan oleh pemerintah. Pihak UKMI dan universitas langsung menyiapkan untuk mengadakan kembali sholawat secara tatap muka seperti biasa, dengan mematuhi protokool kesehatan seerta perizin ke satgas covid bawasannya mengadakan acara di univeritas dalam skala masal.

“Acara ini diadakan oleh universitas dan boleh diikuti siapa pun, UKMI merupakan perantara kepada mahasiswa karena UKMI merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Islam, yang mempunnyai hak untuk mengikuti kemahasiswaan agar bisa mengajak dan ikut acara ini, sedangkan dosen terutama dosen PAI mengajak mahasiswa dan dosen lain untuk ikut acara ini.
Sholawat ini di peruntukan untuk masyarakat civitas kampus UNISBA Blitar. Alhamdulillah adanya acara ini dari permintaan dari jamah-jamah yang telah lama mengidam-idamkan adanya acara ini lagi karena yang dulu sempat vakum karena covid dan bertanya ‘Ini sudah new nomal pada awal bulan Juli kok nggk ada lagi sholawat lagi?’ Kemudian kita mengadakan acara kembali. Kita izin mengikuti dasar hukumnnya dari perwali sebagai dasar hukum awal, kemudian untuk mengadakan acara tersebut kita izin rektor, izin satgas covid akhirnya mendapat peretujuan dengan jumlah jamaah yang di perkecil tidak seperti dulu” tambah Yusuf.

Acara rutin sholawat UNISBA digelar setiap hari Jum’at pagi yang bertempat di pelataran aula terbuka gedung utama universitas.




Reporter : Hana Lusita dan Indah Hikmatu
Penulis : Hana Lusita
Editor : Bagas Abi Subekti

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama