foto: saat kegiatan berlangsung

LPM FREEDOM - UNISBA | Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar baru saja menggelar Festival Ramadhan yang bertempat di Aula Terbuka Unisba pada 7 hingga 8 April 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini memiliki tema "Ramadhan Berkah Menuju Insan yang Istiqomah dalam Beribadah dan Memperkuat Ukhuwah Islamiyah". Siti Husnul Hasanah selaku Menteri Agama BEM Unisba menjelaskan bahwa alasan pemilihan tema tersebut adalah untuk memperkuat nilai-nilai islamiyah civitas akademika Unisba di bulan ramadhan ini.

"Tujuan pemilihan tema ini adalah supaya memperkuat nilai-nilai islamiyah civitas akademika Unisba dan juga mendorong mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan agama islam," jelasnya. 

Acara yang dibuka langsung oleh Dr. Supriyono M. Ed. selaku Wakil Rektor III Unisba ini juga menyajikan beberapa kegiatan, yaitu bazar, pentas seni, fashion show duta, hadroh, seminar keperempuanan, kuliah tujuh menit (kultum), khataman Al-Quran, dan juga live music.

Ia mengatakan bahwa kegiatan Festival Ramadhan ini merupakan kolaborasi dari Menteri Agama, Menteri PSDM dan Perempuan, serta Menteri Kewirausahaan. Menteri Agama bertanggung jawab atas kegiatan yang berkaitan dengan agama islam, Menteri PSDM dan Perempuan bertanggung jawab atas seminar keperempuanan, dan Menteri Kewirausahaan bertanggung jawab atas bazar. 

Ia juga menuturkan bahwa kendala dalam pelaksanaan kegiatan Festival Ramadhan ini adalah minimnya waktu persiapan. Kegiatan ini hanya dipersiapkan dalam waktu dua hingga tiga minggu. 

"Persiapannya itu dua hingga tiga minggu. Menurut saya itu waktu yang minim karena kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika dan juga termasuk dalam event yang besar," tuturnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihak kampus turut mendukung kegiatan ini mengingat ini juga acara yang berkaitan dengan keagamaan.

"Pihak kampus sangat mendukung adanya kegiatan yang bersifat keagamaan seperti ini. Selain itu, dengan adanya event bazar juga bisa menjadi tempat untuk promosi produk-produk yang dimiliki oleh mahasiswa," pungkasnya. (rk/red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama