foto bersama pada pelatihan kewirausahaan di Kedai Kopi Nyambung Janji

LPM FREEDOM - UNISBA | Kementerian Ekonomi Kreatif Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar pelatihan kewirausahaan pada Sabtu (7/8) bertempat di Kedai Kopi Nyambung Janji, Kota Blitar.

Amelia Rizki Lestari, Menteri Ekonomi Kreatif (Menkraf) BEM Unisba Blitar mengatakan, acara yang mengusung tema "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Yang Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing" ini merupakan bentuk kerjasama antara pihak BEM Unisba Blitar dengan USAID (United States Agency for Internasional Development) Japri Blitar yang merupakan lembaga pembangunan Internasional dari Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan Ekonomi, Pembangunan, dan Kemanusiaan untuk mendukung tujuan kebijakan luar Negeri Amerika Serikat. 

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan acara ini ialah coaching dan mentoring untuk memulai usaha dengan menggunakan Bussiness Model Canvas (BMC). Para peserta pada kegiatan ini berjumlah 35 Mahasiswa aktif Unisba Blitar dari Semester 2 sampai 6.

"Untuk peserta kita mengambil dari tim ekraf, selain itu kita juga meminta delegasi dari setiap prodi" ujarnya.

Nantinya, para peserta akan terus dilakukan monitoring sehingga akan memberikan feedback yang baik bagi mahasiswa. Dalam hal ini, USAID juga akan memberikan reward dan fasilitas berupa modal usaha sebesar 1,4 Juta Rupiah.

"Jadi nantinya peserta harus mengumpulkan proposal agar bantuan dana usaha bisa cair, nah kita mentoringnya disini agar lebih banyak mahasiswa Unisba yang mendapatkan bantuan dana" terangnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini akan menciptakan banyak pengusaha muda yang berasal dari Unisba Blitar yang selaras dengan slogan kampus yakni "The Entrepreneur University". (bm/dls)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama