mahasiswa baru saat berada di dalam zoom meeting

LPM Freedom – Unisba | Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen (HMPM) Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar mengadakan kegiatan ospek jurusan menggunakan virtual zoom pada Selasa (20/10/2020) dengan mengusung tema “Membentuk Generasi Kritis dan Aktif Bersama Manajemen 4.0”. Acara tersebut diadakan dengan tujuan guna memaksimalkan perkenalkan prodi manajemen kepada para mahasiswa baru serta memberikan pengantaran etika perkuliahan yang baik dan memperat tali silaturahmi antar sesama mahasiswa prodi manajemen.

Ditengah status pandemi yang belum berakhir dan banyaknya jumlah mahasiswa manajemen tahun ini, maka untuk persiapan ospek jurusan tahun ini HMPM berinisiatif menggelar gebrakan kegiatan yang baru dan berbeda, yaitu dengan menggelar paper mob virtual di zoom untuk pertama kalinya di Blitar. Acara tersebut dimeriahkan dengan hadirnya kaprodi, para panitia anggota HMPM dan mahasiswa baru manajemen yang berpartisipasi meramaikan acara ospek jurusan di virtual zoom. Untuk video paper mob virtual zoom, selengkapnya bisa dilihat di sini.
Pada kegiatan ini, panitia memberikan tugas kepada mahasiswa baru untuk membuat mind mapping sebelum kegiatan berlangsung. 

saat prosesi paper mob virtual zoom

Tema dari mind mapping ini ada tiga, yaitu me-manage bisnis di era new normal. Lalu, pemulihan ekonomi di masa pandemi dan yang terakhir, peluang dan tantangan bisnis. Dari ketiga tema mind mapping yang telah dijabarkan, mahasiswa bebas memilih salah satu mind mapping. Tujuan dari mind mapping adalah memberikan gambaran tentang ekonomi. Setelah mengerjakan diharapkan ide yang mereka miliki akan tersampaikan.

Selain itu, para mahasiwa baru juga diwajibkan meresum materi yang disampaikan oleh panitia, kaprodi melalui zoom meeting atau live youtube. Tujuannya agar setiap mahasiswa baru memperhatikan materi yang disampaikan dan memiliki catatan yang dapat dibaca lagi saat membutukan.

Tentunya untuk menyukseskan acara tersebut terdapat kendala.

“Seperti sulitnya mengkoordinir peserta osjur karena kurang memahami konsep panitia. Apalagi dengan banyaknya maba tahun ini, maka tidak semua mahasiswa dapat mengikuti paper mob virtual di zoom. Sehingga panitia hanya mengambil 100 orang dan untuk lainnya dapat mengikuti kegiatan di channel youtube manajemen 4.0”. Tutur Aghis, selaku ketua pelaksana kegiatan ospek jurusan tahun ini.

“Walaupun osjur diadakan secara online, tapi tetap dapat mengenal sejarah prodi manajemen dan teman-teman maba lainnya. Dengan adanya osjur saya jadi tahu etika bermahasiswa dan informasi prodi manajemen. Tentunya saya mau mengucapkan selamat kepada panitia yang sudah berhasil mensukseskan osjur. Setelah mengikuti osjur rasanya lega karena dapat lanjut kuliah”. Tanggapan Firmansyah, mahasiswa baru manajemen kelas karyawan. 

Hal berbeda, justru dirasakan oleh Nizam, mahasiswa baru manajemen kelas reguler, “Walaupun ada sedikit kendala seperti adanya suara yang keluar double dan acara yang sedikit molor. Tapi saya senang, dengan adanya kegiatan ini, saya jadi mengenal panitia, kaprodi dan teman-teman maba lainnya.”

Dalam kegiatan ospek jurusan tahun ini, Ahmad Wahyu selaku ketua HMPM menuturkan, “Harapan saya kepada maba, semoga menjadi mahasiswa yang progresif dan revisioner. Lalu untuk panitia sendiri, semoga tetap solid dalam menjalankan roda organisasi dan tetap semangat membangun prodi manajemen menjadi lebih baik," pungkasnya. (si/ab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama