Ketua Bagian PMB saat Ditemui di Ruangannya

LPM FREEDOM – Ditengah pandemi yang masih berlangsung hingga sekarang, tentu banyak dampak yang mengakibatkan adanya perubahan di segala bidang. Salah satunya dalam bidang pendidikan yaitu mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Islam Balitar(UNISBA) Blitar. 

Dalam hal promosi kampus, UNISBA menggunakan cara offline dan online, seperti pemasangan spanduk, baliho, dan poster serta memanfaatkan media sosial. 

Bahkan jika melihat dari segi persentase, kebanyakan orang mengetahui informasi tentang UNISBA melalui media sosial termasuk didalamnya teknis pendaftaran mahasiswa baru. Sehingga dapat dikatakan, angka promosi yang sudah UNISBA lakukan dibilang sangat efektif.

Dengan adanya pandemi COVID-19, perubahan mencolok terjadi dalam hal mekanisme pendaftaran. Tahun ini UNISBA launching sistem perdana. 

“Jadi pendaftaran pengisian biodata menggunakan sistem baru. Disitu sistem pendaftaran untuk biodata semuanya difungsikan secara online. Sistem ini sendiri nantinya direncanakan untuk semua kegiatan mahasiswa termasuk untuk KKS, KRS, pembagian kelas, dosen semuanya sudah tercantum disitu," Tutur Ari, selaku ketua bagian PMB saat ditemui pada Jum'at (4/9/2020) pagi.

Menurutnya untuk teknis pelaksanaan cukup mudah, setiap calon mahasiswa tinggal mengecek saja di spmb.unisbablitar.ac.id.

Sedangkan cara yang lain, UNISBA juga tetap melayani di kampus dengan menjalankan protokol yang semestinya. Kemudian dalam hal pembayaran terdapat perbedaan karena setiap tahun akan ada kenaikan. 

"Untuk kenaikannya sendiri itu tidak signifikan. Untuk yang reguler itu tetap SPP-nya, tidak ada kenaikan. Yang ada kenaikan ada pada kelas karyawan. Naik menjadi lima puluh ribu rupiah,” imbuhnya.

Hanya saja untuk tahun ini kebijakan dari rektor mempertimbangkan situasi saat pandemi. Sehingga ada beberapa bantuan untuk mahasiswa. 

Meskipun mekanisme penerimaan mahasiswa baru terjadi ditengah-tengah kondisi pandemi COVID-19, namun tidak berpengaruh pada jumlah pendaftar tahun ini. Justru ditengah pandemi saat ini jumlah pendaftar mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Flasback tahun kemarin di bulan yang sama sekitar bulan Agustus. Untuk pendaftar kita masih mendapat 1.100 pendaftar, nah di tahun ini, diakhir bulan Agustus kita sudah mendpatkan 1.200 lebih pendaftar.” pungkas Ari, selaku ketua bidang PMB. 

Apalagi dibulan September, UNISBA juga akan membuka pendaftaran penerimaan mahasiwa baru gelombang ketiga yang akan dimulai dari tanggal 5 September-5 Oktober 2020.


Reporter : Indah Hikmatu Sabella, Vira Mayaning Ratri
Penulis : Indah Hikmatu Sabella
Editor : Agustyas Retno Hernani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama