Sejak tanggal 2 Maret 2020 hingga saat ini jumlah orang yang dinyatakan positif terinfeksi covid-19 terus bertambah. Hal ini menyebabkan banyaknya hoax dan informasi meresahkan yang beredar. Selain berdampak terhadap kesehatan orang yang terjangkit covid-19, wabah ini juga menyebabkan banyak keresahan dan ketakutan bagi masyarakat.

Di beberapa tempat saat ini terlihat masih banyak masyarakat yang melakukan kegiatan diluar rumah, bahkan di Jakarta yang notabenya merupakan zona merah persebaran covid-19 masih ramai diberitakan banyaknya masyarakat yang masih harus bekerja dan memadati fasilitas publik seperti Terminal, Stasiun dan KRL. Meskipun demikian, sebagai sesama manusia seharusnya kita tidak boleh saling menyalahkan, ada banyak alasan sehingga mereka harus tetap berada dalam kekhawatiran terhadap diri mereka sendiri maupun keluarganya.

Dibalik fakta menyakitkan tersebut masih banyak masyarakat yang seharusnya bersyukur karena masih bisa melakukan aktifitas didalam rumah. Seperti melakukan pekerjaan secara online dan melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah atau dikenal dengan istilah daring. Utamanya bagi mahasiswa yang saat ini sedang ramai dengan cuitan yang khas terdengar menggelitik ditelinga masyarakat. Banyak yang merasa terhambat dan beberapa merasa terdukung dengan keadaan yang dapat membuat mereka nyaman. Namun, tidak selamanya melakukan kegiatan pembelajaran secara daring ini bisa berjalan dengan lancar. Ada kalanya sinyal yang kurang baik, suara yang terputus – putus atau berbagai hal lainya. Kali ini, saya akan memberikan beberapa tips yang bisa teman – teman terapkan dirumah.

Pertama, pastikan teman – teman sudah mendapatkan informasi terkait aplikasi apa yang akan digunakan. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, banyak perusahaan yang sudah menciptakan berbagai software untuk melakukan komunikasi secara berkelompok.

Kedua, pastikan aplikasi sudah ter-install satu hari sebelum jadwal pembelajaran dilakukan. Karena saat ini sangat banyak perusahaan yang sudah menyediakan aplikasi untuk berkomunikasi secara berkelompok seperti Ruang Guru, Zenius, Quipper, Skype, Google Classroom dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa perusahaan telah menyediakan akses gratis selama pandemi ini terjadi.

Ketiga, pelajari dulu setiap tools yang tersedia, karena aplikasi ini nantinya akan sangat membantu bagi teman – teman yang memerlukan file maupun media lain.

Keempat, pastikan teman – teman sudah membersihkan diri, merapikan tempat yang akan dijadikan titik pembelajaran. Karena aspek kenyamanan disini sangat berpengaruh terhadap mood teman – teman yang sudah terlalu lama sendiri #ehh 😆😆😆😆

Kelima, teman – teman bisa mulai mempersiapkan peralatan pendukung untuk terciptanya komunikasi yang kondusif.

Selanjutnya, yang paling berpengaruh terhadap kegiatan daring adalah kuota dan kualitas sinyal provider. Disini teman – teman bisa menyiapkan provider yang memiliki sinyal stabil ditempat teman – teman. Selain itu, untuk menghemat pengeluaran teman – teman bisa membeli kuota yang memiliki masa aktif harian.

Jika semua persiapan software sudah terpenuhi, peran peralatan pendukung sangat berpengaruh terhadap kualitas komunikasi yang akan terjadi. Ada beberapa hardware / peralatan pendukung yang bisa menambah kualitas komunikasi yang dihasilkan.

Yang pertama adalah phone holder atau dudukan ponsel. Disini teman – teman bisa memanfaatkan tripod atau bahan lain yang ada. Getaran yang terjadi pada ponsel seperti saat kita menggenggamnya akan berpengaruh terhadap frekwensi yang dihasilkan, selain itu gerakan kecil pada ponsel juga bisa menyebabkan noise.

Headset yang nyaman digunakan. Dengan menambahkan headset maka teman – teman bisa mendapatkan suara audio yang jernih dan juga menghasilkan audio yang jelas.

Charger dan stop kontak. Karena komunikasi yang dilakukan juga sangat memungkinkan teman – teman melakukan komunikasi berbasis video, ini menjadikan konsumsi daya baterai meningkat dan cepat mengurasya.



Setelah semuanya siap pastikan melakukan kegiatan belajar dengan serius. Jangan jadikan pandemi sebagai hambatan, apalagi alasan. Untuk menjaga mood belajar selalu stabil, jangan lupa menyediakan segelas kopi dan beberapa camilan.



Selamat Belajar,
salam Rahayu 🙏🙏


Ditulis oleh Qithfurul Aziz
Mahasiswa Agribisnis - Fak. Pertanian
Universitas Islam Balitar
   IG : qithfirul.aziz

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama